Tanaman Yang Hidup Di Air

shares |

Beberapa tempat tinggal atau tempat perkantoran yang memiliki kolam air pada umumnya tidak hanya berisi ikan didalam air. Di permukaan air atau didalam air pada umumnya diberikan tanaman air. Diberikannya beberapa tanaman air pada kolam atau aquarium bertujuan sebagai hiasan kolam atau aquarium tersebut sampai tempat tinggal untuk ikan yang ada. Bahkan saat ini banyak komunitas aquascape yaitu seni mengatur tanaman di dalam aquarium.

Contoh Aquascape
Selain itu terdapatnya tanaman yang hidup di air akan mengurangi suasana yang monoton dan gersang. Adapun tanaman aquatik merupakan tanaman yang dapat hidup di air yang banyak digunakan untuk mempercantik kolam atau aquarium yang dimiliki, selain itu beberapa tanaman aquatik ada yang dapat membersihkan air kolam dan mempercantiknya. Tanaman yang hidup di air tidak membutuhkan perawatan yang begitu sulit.

Di bibitbunga. com berbagai macam tanaman yang dapat hidup di air dapat dengan mudah ditemukan. Selain macam-macam tanaman yang dapat ditemukan berbagai macam saran perawatan dan fungsi kegunaannya dapat dengan mudah ditemukan. Berikut macam-macam tanaman yang dapat hidup di air :

Bunch Plants


Tanaman air bunch plants atau tanaman air bercabang merupakan jenis cabomba. Ada dua jenis cabomba yang sering ditemui yaitu yang berbunga ungu dan berbunga kuning. Untuk cabomba yang berbunga ungu mempunyai daun berwarna hijau berlapis warna ungu. Sedangkan yang berwarna kuning mempunyai warna daun hijau muda. Tanaman cabomba ini mempunyai batang yang berruas-ruas. Pada setiap ruasnya akan tumbuh daun berwarna hijau yang berbentuk seperti jarum. Tumbuhan ini sangat cepat dalam proses tumbuhnya. Sehingga dalam waktu singkat sudah bisa berkembang biak sangat banyak sekali. Untuk membudidayakannya pun sangatlah mudah. Tanaman ini sangat cocok untuk mempercantik aquarium. Tanaman ini dapat pula menjadi tempat tinggal bagi ikan-ikan.

Telanthera Lilacina


Adapun tanaman bercabang lain yang dapat hidup di air yaitu Telanthera lilacina. Tanaman ini biasanya disebut juga dengan red telanthera. Hal ini dikarenakan warna daun dari tanaman ini yang berwarna merah dan terkadang sampai keunguan. Bentuk daun dari tanaman ini yaitu berbentuk lonjong dan pada bagian ujungnya meruncing. Tanaman ini bisa tumbuh mencapai 30 cm. Biasanya jenis ini digunakan untuk membuat aquarium semakin berwarna dengan daun yang berwarna ternag tumbuhan ini juga mudah untuk tumbuh dan tidak memerlukan perawatan yang terlalu rumit.

Eceng Gondok


Eceng gondok merupakan jenis floating plants atau tanaman mengapung. Tanaman ini lebih sering digunakan sebagai penghias pada kolam. Tanaman ini memiliki nama latin Eichhornia crassipes. Eceng gondok pertama kali ditemukan didaerah sungai amazon Brazil. Tanaman ini mempunyai perkembangan yang sangat cepat oleh karena itu sering dirasa sebagai tanaman pengganggu. Tinggi tanaman eceng gondok ini antara 0,4 sampai 0,8 meter. Jenis daun tanaman ini yaitu jenis daun tunggal yang mempunyai bentuk oval. Pada ujun daunnya meruncing. Eceng gondok tidak mempunyai batang. Daun tanaman ini berwarna hijau dan bertekstur licin. Jenis bunganya yaitu bunga majemuk, kelopak berbentuk tabung dan bunganya berbentuk bulir. Tanaman ini dapat menjadi penghias dikolam apabila pertumbuhannya dijaga agar tidak begitu lebat.

Teratai


Tanaman teratai ini tumbuh mengapung diatas permukaan air dengan aneka warna bunganya yang menarik. Daun tanaman ini sering disebut water lily karena bentuknya yang bulat, melebar, dan mengapung menopang bunganya yang tumbuh diatasnya. Bunga tanaman ini berasal dari tangkai kecil nyaris tak nampak dari rizoma pada lumpur didasar kolam. Tanaman ini sangat cocok bagi mereka yang menginginkan kesan alami pada kolam yang dimiliki.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar