5 Tanaman Rambat Hias yang Berbunga Terus

shares |

Ingin pagar dan dinding Anda terkesan hidup? Solusinya adalah dengan menanam tanaman rambat. Tanaman hias merambat adalah tanaman hias yang memiliki sifat percabangan yang memungkinkan tanaman menjalar ke benda yang ada di dekatnya. Berdasarkan cara tumbuhnya tanaman ini dibedakan menjadi tiga yaitu: tanaman rambat melilit, tanaman merambat akar menempel dan tanaman setengah merambat.

Petrea volubilis
Salah satu tanaman rambat yang direkomendasikan adalah Petrea volubilis. Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah yang dapat tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Nama lain dari tanaman ini adalah Blue Bird Vine, Purple Wreath, Purple Vine dan Queen's Wreath.


Tanaman ini memiliki warna ungu cerah dan dapat mekar di sepanjang batangnya. Yang lebih Uniknya lagi, sebelum bunganya gugur, maka terjadi perubahan warna pada kelopak bunganya. Kelopak bunga yang tadinya berwarna ungu cerah perlahan-lahan akan memucat, setelah itu berubah warna menjadi hijau, baru akhirnya gugur.

Selain itu, perawatannya yang mudah dan seringnya tanaman ini berbunga adalah alasan direkomendasikannya tanaman ini untuk menghiasi pagar dan dinding kamu. Untuk perawatannya, kamu cukup melakukan penyiraman satu kali sehari. Letakkan tanaman ini di tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh.

Dipladenia
Dipladenia adalah salah satu tanaman rambat yang masih berada dalam satu famili dengan tanaman Mandevilla. Tanaman ini dikenal juga dengan nama lain yaitu Mandevilla Red Riding Hood. Perbedaannya dengan Mandevilla terdapat pada ukuran daunnya yang lebih kecil.


Dipladenia memiliki bunga yang sangat indah, sekilas mirip bunga adenium. Warnanya mahkota bunganya merah menyala. Penempatan tanaman ini ditempat yang cukup terkena sinar matahari. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan metode stek.

Mandevilla 
Tanaman Mandevilla memiliki nama latin Mandevilla sanderi. Tanaman ini merupakan tanaman rambat asal Florida, Amerika Serikat. Mandevilla memiliki bunga seperti terompet berwarna putih, pink, atau merah, menumpuk seperti mawar. Selain warna bunganya daya tarik Madevilla lainnya adalah batangnya yang menjuntai lemas.


Mandevilla sangat menyukai panas yang membuat bunganya mudah bermunculan. Agar merambat lebih bagus, media tanam harus diganti secara berkala dan gunakan pot ukuran agak besar.

Morning Glory
Morning glory memiliki ciri tidak berbatang enteng, keras, terkesan ringan dan simpel. Keunggulannya bunga ini akan berbeda warna kelopaknya tergantung pada peletakkannya. Apabila terkena banyak sinar matahati, kelopak bunganya akan berwarna ungu. Sebaliknya, apabila kurang terkena sinar matahari atau bersuhu dingin, kelopak bunganya akan berwarna biru.


Untuk merawat tanaman ini tidak dibutuhkan perlakuan yang khusus. Cukup melakukan pemupukan dan penyiraman saja. Untuk pemupukan, dapat dilakukan setiap 2-2,5 bulan sekali. Untuk penyiraman, Anda dapat melakukan minimal 5-7 hari sekali.

Air Mata Pengantin
Bunga air mata pengantin (Antigonon) menjadi salah satu tanaman bunga merambat yang sangat direkomendasikan karena keindahannya. Keunggulannya, Antigonon menjadi salah tanaman hias luar ruangan yang mudah ditanam, bandel dan mudah perawatannya. Oleh karena itu, Antigonon mudah ditemukan di Indonesia.


Tanaman yang berasal dari Meksiko ini memiliki nama latin Antigonon leptopus. Dalam bahasa Inggris tanaman ini dikenal dengan beberapa sebutan diantaranya adalah Coralina, Coral vine, dan Bellisima grande. Mahkota bunga Antigonon terdiri atas 5 lembar berwarna pink atau putih. Panjang masing-masingnya kurang lebih 7 mm. Setelah semua mahkota bunga mekar, mahkota akan membesar kemudian menyelubungi buah. 

Related Posts

1 komentar

  1. Yang morning glory itu cocok untuk kanopi nggak? Trus kira2 jarak per meter butuh nanam berapa pohon?

    BalasHapus